Internet GIG kamu gak bisa internetan? Cek disini caranya

Sampai rumah mau main game online, mau streaming film DraKor, mau Youtube-an, eh internet-nya malah gak bisa dipakai. Jangan sedih, GIGster! Jangan marah-marah dulu ya.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan GIG kamu terganggu. Bisa jadi karena perangkat yang kamu gunakan, gangguan pada modem, atau gangguan jaringan.

Berikut cara untuk cek internet kamu kenapa sih gak bisa dipakai. Hal pertama yang harus dilakukan:

  1. Cek kondisi lampu indikator Modem kamu.
    Sebagai informasi, untuk kondisi modem normal:
    1. Power = solid menyala hijau
    2. PON = solid menyala hijau.
    3. WLAN = Blinking/menyala berkedip.
    4. LOS = Mati

    Kalau salah satu lampu indikator mati, kamu bisa langsung telepon ke Contact Center kami. Jakarta & Semarang; 021–30008888, Bandung; 022–30000888, Surabaya; 031– 60008888.

  2. Coba koneksi dengan kabel LAN.
    Cara ini sebagai perbandingan. Jika menggunakan kabel LAN layanan GIG bisa digunakan, berarti ada gangguan di modem kamu.
  3. Matikan power modem. 
    Pastikan kabel patch cord terpasang dengan benar.
  4. Nyalakan kembali power modem.
    Tunggu modem hingga stabil sesuai kondisi modem normal. Cek poin nomor 1.
  5. Coba kembali gunakan layanan GIG menggunakan WiFi dan kabel LAN.

Jika dari cara-cara diatas masih tidak bisa, silahkan telepon ke Contact Center kami dengan menginfokan pengecekan yang sudah kamu lakukan sesuai cara-cara di atas.

Kamu sering merasa akhir-akhir ini internet lemot banget. Padahal cuma connect ke beberapa gadget aja. Internet slow connection juga bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Kualitas sinyal WiFi lemah karena terhalang tembok, dekat dengan barang elektronik seperti TV, Microwave, atau jarak gadget kamu ke modem lebih dari 10 meter. Cek cara penempatan modem yang GIG sarankan disini
  2. Wifi terkoneksi ke banyak gadget. Untuk mengetahui layanan GIG kamu berapa gadget yang disarankan, kamu bisa cek di home
  3. Klo kamu internetan dengan laptop kamu, pastikan update aplikasi atau update anti virus dalam kondiri OFF. Karena update aplikasi akan mempengaruhin kecepatan internet kamu, GIGster.

Jika kamu sudah memastikan internet lemot atau lambat bukan dari hal-hal diatas, kamu bisa mencoba:

  1. Restart modem
    Matikan modem dan nyalakan kembali hingga kondisi modem stabil.
  2. Kamu bisa mencoba forgot password
    Jika kamu menggunakan WiFi, kamu bisa lakukan forgot password di gadget kamu, kemudian koneksikan kembali.
  3. Coba pindahkan kabel LAN ke port LAN yang lain
    Jika kamu menggunakan kabel LAN, coba pindahkan kabel LAN pada modem ke port lain.
  4. Gunakan gadget yang lain
    Kamu juga bisa coba lakukan koneksi dengan perangkat lain / compare device.

Jika kamu sudah melakukan cara-cara tersebut dan masih mengalami internet lemot atau lambat, kamu bisa telepon GIG Contact Center atau kirim email melalui cs@gig.id dan lampirkan hasil ping, tracert dan speedtest. Ping dan Tracert bisa kamu lakukan melalui laptop. Berikut caranya bisa dilihat di tabel berikut:

Ping:

  • klik Start dan ketik "Command Prompt" atau "cmd",
  • lakukan ping ke laman website yang berkendala dengan cara ketik
    ping www.youtube.com
  • screenshoot hasil ping dan simpan.

Tracert:

  • klik Start dan ketik "Command Prompt" atau "cmd",
  • lakukan tracert ke laman website yang berkendala dengan cara ketik
    tracert www.youtube.com
  • screenshoot hasil tracert dan simpan.

Mau akses ke beberapa situs website kok gak bisa ya? Padahal internet bisa digunakan, internet juga gak lemot. Kenapa ya?
Pastikan dahulu hal-hal berikut ini:

  1. Apakah situs tersebut diblokir oleh KOMINFO
    Cek di https://trustpositif.kominfo.go.id/. Kamu bisa cek situs yang kamu browsing itu masuk ke dalam situs blokir atau tidak oleh KOMINFO. Jika iya, maka dikhawatirkan terdapat konten negatif di situs tersebut.
  2. Saat browsing, muncul keterangan "Get Certificate" 
    Artinya website tersebut termasuk secure login (HTTPS/SSL). Kamu klik allow agar dapat masuk ke Situs tersebut.
  3. Gunakan DNS Server milik GIG atau IndosatM2
    Pastikan pengaturan Internet Protocol version 4 (IPv4) pada PC/Laptop dengan IP Dynamic/DHCP dan isi DNS Server 202.155.0.10 & DNS Alternate 202.155.0.15.
  4. Clear Cache di browser
    Clear cache & data pada browser yang kamu gunakan.
  5. Gunakan browser yang beda
    Kamu juga bisa melakukan komparasi dengan menggunakan browser yang berbeda sebagai perbandingan.

Jika kamu sudah melakukan cara-cara tersebut dan masih mengalami kendala, kamu bisa telepon GIG Contact Center atau kirim email melalui cs@gig.id dan lampirkan hasil ping, tracert dan speedtest. Ping dan Tracert bisa kamu lakukan melalui laptop. Berikut caranya bisa dilihat di tabel berikut:

Ping:

  • klik Start dan ketik "Command Prompt" atau "cmd",
  • lakukan ping ke laman website yang berkendala dengan cara ketik
    ping www.youtube.com
  • screenshoot hasil ping dan simpan.

Tracert:

  • klik Start dan ketik "Command Prompt" atau "cmd",
  • lakukan tracert ke laman website yang berkendala dengan cara ketik
    tracert www.youtube.com
  • screenshoot hasil tracert dan simpan.