SYARAT BERLANGGANAN
GIG INTERNET

  1. Aktivasi adalah suatu kondisi dimana suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan.
  2. Biaya Berlangganan adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh PELANGGAN kepada PT INDOSAT MEGA MEDIA (“IM2”) atas Jasa yang digunakannya.
  3. Berita Acara Lapangan (BALAP) adalah berita acara pemasangan dan pengaktifan Perangkat untuk pengoperasian Jasa, maupun penonaktifan Jasa.
  4. Blok adalah suatu kondisi dimana suatu Jasa/layanan tidak dapat dipergunakan untuk sementara.
  5. Close adalah suatu kondisi dimana perangkat fisik telah di de-instalasi sehingga Jasa/layanan tidak dapat dipergunakan untuk seterusnya, dapat disebut juga dengan pemutusan.
  6. GIG adalah layanan internet broadband dengan kecepatan tinggi menggunakan Fiber Optic, yang dapat dinikmati oleh pelanggan secara unlimited selama 7x24 jam.
  7. GIG Plus adalah layanan internet broadband yang dikhususkan untuk segmen Small Office Home Office (SOHO) dengan kecepatan tinggi menggunakan Fiber Optic, yang dapat dinikmati oleh pelanggan secara unlimited selama 7x24 jam.
  8. Formulir Aplikasi Berlangganan (FAB) yaitu formulir yang dilengkapi dengan syarat berlangganan yang dibuat oleh dan antara PELANGGAN dan IM2 untuk berlangganan Jasa dan wajib dilengkapi oleh PELANGGAN untuk diserahkan kepada IM2 sebagai permohonan berlangganan Jasa, untuk selanjutnya disebut Kontrak Berlangganan.
  9. Formulir Perubahan (FP) adalah formulir yang harus dilengkapi oleh Pelanggan dan kemudian diserahkan kepada IM2 untuk permohonan perubahan data non teknis maupun perubahan data teknis.
  10. Instalasi adalah suatu kondisi dimana dilakukan penyambungan perangkat secara fisik sehingga suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan.
  11. Jaringan Akses adalah jaringan untuk menghubungkan perangkat IM2 dengan perangkat pelanggan, mulai dari Optical Line Terminal (OLT) sampai dengan Optical Network Terminal (ONT).
  12. Jasa berarti layanan GIG dan/atau layanan GIG Plus.
  13. Perangkat IM2 adalah alat-alat milik atau yang disediakan IM2 yang ditempatkan di lokasi PELANGGAN untuk pengoperasian Jasa.
  14. Perangkat Pelanggan adalah alat-alat milik atau yang disediakan Pelanggan yang ditempatkan di lokasi PELANGGAN untuk pengoperasian Jasa.
  15. Unblok adalah suatu keadaan dimana suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan kembali.
  1. IM2 sepakat untuk menyediakan fasilitas pelayanan Jasa dengan kecepatan sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan.
  2. Cakupan area yang dapat digunakan untuk Jasa tergantung dari cakupan area yang dimiliki oleh IM2.
  3. Aktivasi dapat dilaksanakan pada jaringan IM2 yang sudah dapat digunakan internet.
  4. Demi kenyamanan dan keamanan penggunaan Jasa, maka PELANGGAN dilarang untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun, termasuk dan tidak terbatas pada :
    • Mengganggu atau merusak suatu network atau system computer pihak manapun.
    • Spamming atau pengiriman email secara terus menerus dengan tidak bertanggungjawab.
    • Memalsukan email header atau metode lain yang digunakan dengan tujuan untuk memalsukan identitas PELANGGAN.
    • Pelanggaran hak milik intelektual.
    • Tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan, peraturan, atau hukum yang berlaku di Wilayah Republik Indonesia dengan menggunakan Jasa GIG.
  5. PELANGGAN tidak berhak untuk mengalihkan, menjual kembali dan memindahtangankan Jasa kepada pihak lain.
  1. Jangka waktu berlangganan Jasa adalah sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan dan berlaku mulai tanggal yang tercantum dalam BALAP dan dapat diperpanjang secara otomatis.
  2. PELANGGAN wajib memberitahukan secara tertulis permohonan berhenti berlangganan minimal 1 (satu) bulan sebelum tanggal berhenti berlangganan.
  1. Aset perangkat IM2 dan fasilitas pendukungnya yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan Jasa tetap berada dalam kepemilikan IM2 untuk dipinjamkan kepada PELANGGAN seperti yang tercatat dan tercantum dalam BALAP.
  2. Selama masa berlangganan aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 sebagaimana tercantum dalam ayat 1 Pasal ini adalah menjadi tanggung jawab PELANGGAN.
  3. Jika terjadi kehilangan aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 sebagaimana tercantum dalam ayat 1 Pasal ini, maka PELANGGAN wajib untuk memberikan surat keterangan hilang dari kepolisian kepada IM2 maksimal 2 x 24 jam sejak aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 diketahui hilang.
  1. IM2 mempunyai hak sebagai berikut:
    • Atas kebenaran, kerahasiaan dan atau kualitas informasi-informasi yang disampaikan oleh PELANGGAN yang tercantum di Kontrak Berlangganan.
    • Menerima pembayaran PELANGGAN sesuai dengan periode berlangganan yang tercantum pada Kontrak Berlangganan.
    • Melakukan Blok dan Close sebagaimana tercantum pada Pasal 7 Kontrak Berlangganan ini.
    • IM2 tidak bertanggung jawab atas segala akibat penggunaan dan penyalahgunaan username dan password yang diberikan kepada PELANGGAN, termasuk bila terjadi penyalahgunaan oleh Pihak Ketiga.
    • Apabila terjadi kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh kesalahan, kesengajaan, atau kelalaian PELANGGAN, maka IM2 berhak memungut biaya perbaikan
  2. IM2 mempunyai kewajiban sebagai berikut:
    • Menyediakan fasilitas pelayanan Jasa dengan kecepatan sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan untuk dapat dipergunakan oleh PELANGGAN.
    • Melakukan aktivasi Jasa setelah PELANGGAN menandatangani Kontrak Berlangganan.
    • Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan dari kerusakan atau gangguan disisi jaringan dan Perangkat IM2 kecuali Force Majeure.
    • Melakukan update atau pembaharuan tarif dan jasa pada website IM2.
  1. Pelanggan mempunyai hak sebagai berikut :
    • Memperoleh penyediaan fasilitas Jasa sebagaimana termaktub dalam Kontrak Berlangganan ini.
    • Menerima username dan password yang merupakan identifikasi internet PELANGGAN.
    • Mengajukan laporan atau pengaduan kepada IM2, yang dapat disampaikan kepada Customer Service IM2.
  2. Pelanggan mempunyai kewajiban sebagai berikut :
    • Menjamin bahwa segala data dan keterangan yang diberikan kepada IM2 dalam Kontrak Berlangganan adalah benar.
    • Membayar biaya-biaya sebagaimana diatur dalam Kontrak Berlangganan ini.
    • Melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Jika pelanggan belum/atau tidak melengkapi dokumen dan persyaratan tidak dapat dilanjutkan pada proses instalasi.
    • Menyediakan sarana pendukung sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh IM2, termasuk perijinan dan atau persetujuan dari pengelola lokasi, serta menanggung biaya lain-lain yang mungkin timbul.
    • Memberitahukan secara tertulis kepada IM2 untuk setiap perubahan alamat atau perubahan data yang dibuktikan dengan mengisi FP.
    • Menjaga kerahasiaan password serta bertanggung jawab atas akibat yang timbul akibat penggunaan dan penyalahgunaan password yang diberikan kepada PELANGGAN, termasuk bila terjadi penyalahgunaan oleh Pihak Ketiga.
    • Bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul karena tidak ditaatinya peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Pemeliharaan atas fasilitas Jasa yang berada di bawah kepemilikan masing-masing pihak dan segala biaya yang timbul menjadi tanggung jawab masing-masing pihak tersebut.
  1. Blok akan dilakukan oleh IM2 apabila :
    • PELANGGAN melalaikan kewajiban pembayaran sebagaimana diatur dalam Pasal 11 Kontrak Berlangganan ini, Blok atas Jasa akan dilakukan pada akhir bulan berjalan (N).
    • Ada permintaan khusus karena terbukti disalahgunakan oleh pihak lain (pelaku tindak kejahatan).
  2. Unblok akan dilakukan oleh IM2 apabila :
    • PELANGGAN telah melunasi pembayaran dan telah tercatat pada system billing IM2, Jasa akan diaktifkan kembali (Unblok) dalam waktu 1x24 jam secara otomatis atau menghubungi Customer Care.
    • Ada permintaan aktivasi kembali setelah blok karena penyalahgunaan Jasa dan tidak ada tunggakan tagihan.
  3. Tagihan Jasa akan tetap terbit meskipun Jasa dalam kondisi ter Blok.
  4. IM2 akan melakukan Close yang menyebabkan pencabutan fasilitas Jasa dan berakibat putusnya Kontrak Berlangganan apabila :
    • PELANGGAN melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini.
    • PELANGGAN dalam waktu 1 (satu) bulan + 5 hari setelah dilakukannya Blok atas Jasa (N+1) sebagaimana dimaksud Pasal 7 ayat (1) Kontrak Berlangganan ini, belum juga melunasi seluruh tagihan yang diterbitkan.
  5. Jika IM2 melakukan Close sebagaimana dimaksud ayat 4 Pasal ini,maka IM2 tetap berhak melakukan penagihan atas sisa tagihan terhutang.
  6. Kedua belah pihak sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dengan demikian pemutusan Kontrak Berlangganan yang dimaksud pada pasal ini cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis tanpa harus menunggu keputusan hakim. Ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini berlaku terus sampai dengan diselesaikannya seluruh hak dan kewajiban dari masing masing pihak.
  7. Jika PELANGGAN berhenti berlangganan, maka perangkat ONT dan kelengkapannya akan diambil kembali oleh pihak IM2. Jika pengembalian ONT dalam kondisi rusak atau hilang maka kepada PELANGGAN akan dikenakan denda sebesar Rp1.000.000,- (satu juta rupiah).
  8. Apabila PELANGGAN berhenti berlangganan sebelum masa Kontrak Berlangganan berakhir, maka PELANGGAN wajib melunasi sisa pembayaran sesuai dengan sisa jumlah bulan masa Kontrak Berlangganan yang telah disepakati.
  1. Penyambungan kembali fasilitas dan layanan karena Blok atau Close menurut ketentuan Pasal 7 Kontrak Berlangganan ini dilakukan setelah PELANGGAN melunasi tunggakan.
  2. Penyambungan kembali karena Close akan diperlakukan sebagai pendaftaran baru.
  1. Permintaan pemindahan peralatan Jasa yang telah dipasang ke lokasi baru (relokasi), diperlakukan sebagai sambungan baru, sepanjang teknis memungkinkan. Segala biaya yang timbul menjadi tanggung jawab PELANGGAN.
  2. Berdasarkan permintaan PELANGGAN secara tertulis, IM2 dapat melakukan perubahan paket layanan sepanjang teknis memungkinkan.
  3. Perpindahan PELANGGAN ke lokasi baru wajib membawa perangkat ONT dan perangkat lainnya untuk dipasang di lokasi baru.
  4. Perubahan paket layanan tersebut pada ayat 2 (dua) mengakibatkan berubahnya Biaya Bulanan Berlangganan, dan PELANGGAN wajib membayar biaya perubahan sesuai ketentuan yang berlaku.
  1. Berdasarkan permintaan PELANGGAN secara tertulis, IM2 dapat menyetujui pengalihan hak dan kewajiban berlangganan fasilitas dan pelayanan Jasa dari PELANGGAN kepada pihak ketiga, sepanjang tidak terdapat perubahan teknis dan pihak ketiga yang ditunjuk memenuhi ketentuan dan syarat-syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Segala biaya yang timbul akibat pengalihan hak ini menjadi tanggung-jawab PELANGGAN.
  2. Pengalihan hak sebagaimana termaktub pada ayat (1) Pasal ini wajib dituangkan dalam kesepakatan tertulis yang ditandatangani PELANGGAN dengan pihak ketiga pada kertas bermaterai cukup.
  1. Pembayaran harus dilakukan oleh PELANGGAN ke rekening bank yang sudah ditunjuk IM2 yang tertera pada tagihan Jasa.
  2. Besarnya pembayaran yang dilakukan oleh PELANGGAN harus sesuai dengan besarnya jumlah tagihan yang tercantum pada tagihan Jasa.
  3. Pembayaran harus dilakukan oleh PELANGGAN selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo sesuai dengan yang tercantum padatagihan Jasa.
  4. Pajak-pajak yang timbul sehubungan dengan pembayaran Jasa harus diperlakukan sesuai dengan peraturan perundangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  5. Jika PELANGGAN melakukan pembatalan berlangganan sebelum diterbitkannya tagihan berlangganan, maka PELANGGAN tidak dikenakan biaya. Apabila secara teknis sudah aktif maka PELANGGAN diwajibkan membayarkan tagihan.
  1. Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang diakibatkan keadaan-keadaan diluar kekuasaan para pihak yang mengakibatkan terhentinya atau tertundanya pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini, termasuk namun tidak terbatas pada gempa bumi, taufan, kebakaran, ledakan, banjir, sabotase, kerusuhan dan huruhara, peraturan dan atau larangan pemerintah.
  2. Setiap kejadian yang bersifat Force Majeure, harus diberitahukan kepada pihak lainnya, paling lambat 7 (tujuh) hari kalender terhitung sejak terjadinya Force Majeure dan pada saat berakhirnya, dan keadaan tersebut telah diterangkan secara resmi oleh pejabat pemerintah yang berwenang.
  3. Semua kerugian dan biaya yang diderita oleh salah satu pihak sebagai akibat terjadinya Force Majeure bukan merupakan tanggung jawab pihak lain.
  1. Apabila terjadi perselisihan antara PARA PIHAK sehubungan dengan Kontrak Berlangganan ini, maka PARA PIHAK sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah tidak tercapai, maka dimintakan penyelesainnya kepada Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) untuk diputus oleh arbiter-arbiter menurut Peraturan Prosedur BANI dalam tingkat pertama dan terakhir.
  3. Kontrak Berlangganan ini tetap berlaku dan PARA PIHAK tetap melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing, sampai perselisihan sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, mendapatkan penyelesaian baik sebagai hasil musyawarah maupun berdasar atas keputusan BANI yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  1. Kontrak Berlangganan ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Apabila ada hal-hal yang belum diatur dalam Kontrak Berlangganan ini, maka hal-hal tersebut akan diatur dan ditetapkan kemudian secara tertulis dengan tetap memperhatikan ketentuan - ketentuan dan peraturan internal IM2 dan hukum yang berlaku di Indonesia.
  3. Apabila terjadi perbedaan data antara IM2 dengan PELANGGAN, maka data yang akurat adalah data yang ada pada IM2.
  4. Kontrak Berlangganan ini meliputi FAB, BALAP, FP,dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan Jasa ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Berlangganan ini. Dalam terjadi ketidaksesuaian antara ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini dengan ketentuan dalam BALAP dan dokumen-dokumen lainnya tersebut maka ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini yang berlaku.
  1. PARA PIHAK tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku di Republik Indonesia dan peraturan-peraturan di bawahnya dan segala akibat yang timbul karena adanya pelanggaran oleh PARA PIHAK yang melakukan pelanggaran menjadi tanggung jawab penuh pada PIHAK yang melakukan pelanggaran baik konsekuensi administrasi maupun konsekuensi hukum.
  2. IM2 tidak bertanggungjawab atas kerugian-kerugian PELANGGAN atau pihak ketiga yang timbul berkaitan dengan penggunaan Jasa.
  1. Formulir Aplikasi Berlangganan, Formulir Perubahan dan Lampiran dari Kontrak Berlangganan ini adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Berlangganan ini.
  2. Kontrak Berlangganan ini dibuat dalam rangkap 2 (dua), masing-masing sama bunyinya serta mempunyai kekuatan hukum yang sama setelah ditandatangani oleh para pihak.
  3. Bila terjadi perbedaan pengertian antara teks bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia dalam Kontrak Berlangganan ini, maka teks Bahasa Indonesia yang berlaku.
  4. Untuk mengetahui syarat berlangganan yang terbaru dan berlaku terhadap jasa, maka PELANGGAN wajib melakukan pengecekan pada website IM2 (www.gig.id).
 

SYARAT BERLANGGANAN INDOSAT PHONE

  1. Jasa Indosat Phone adalah layanan jasa telepon dasar yang diselenggarakan oleh Indosat guna memberikan kemudahan bagi Pelanggan untuk melakukan komunikasi baik data maupun suara, dengan fitur-fitur yang disediakan dan dipilih oleh pelanggan.
  2. Pelanggan adalah badan hukum ataupun perorangan yang telah menandatangani formulir berlangganan yang telah disediakan oleh Indosat untuk berlangganan jasa Indosat Phone dan bertanggung jawab atas segala biaya pemakaian jasa Indosat Phone yang timbul daripadanya sesuai dengan data tagihan yang tercatat dalam database Indosat.
  3. Jaringan akses adalah jaringan atau saluran telekomunikasi yang menghubungkan jaringan telekomunikasi Indosat dengan Instalasi pelanggan, mulai dari kabel dan saluran penanggal beserta catu daya hingga ke titik luar dari Terminal Kotak Batas (KTB) atau Rangka Pembagi Utama (RPU).
  4. Instalasi Pelanggan adalah Instalasi Kabel Rumah/Gedung (IKR/G) mulai dari KTB atau RPU hingga keperangkat terminal (pesawat telepon) di alamat pelanggan.
  5. Alamat Pelanggan adalah alamat dimana Pelanggan berdomisili dan/atau alamat lain yang ditunjuk oleh Pelanggan.
 

KEWAJIBAN HAK DAN LARANGAN BAGI PELANGGAN

  1. Membayar biaya pemasangan sambungan telekomunikasi (biaya pasang baru, biaya IKR/G biaya aktifasi fasilitas/fitur) sesuai dengan permintaan Pelanggan.
  2. Menyediakan Instalasi Pelanggan atas biaya Pelanggan.
  3. Membayar seluruh biaya pemakaian dan abonemen jasa Indosat Phone sesuai dengan tagihan, paling lambat tanggal 20 setiap bulan berjalan.
  4. Memberi kesempatan Indosat untuk memeriksa Instalasi Pelanggan guna memastikan sambungan telekomunikasi dapat berfungsi dengan baik.
  5. Memelihara Instalasi Pelanggan agar selalu dalam keadaan baik atas biaya Pelanggan.
  6. Melaporkan kepada Indosat jika sambungan telekomunikasi mengalami gangguan/kerusakan.
  7. Mendapatkan persetujuan secara tertulis dari Indosat atas setiap pemindah-tanganan hak, tanggung jawab dan/atau kewajiban Pelanggan kepada pihak lain. Tanpa persetujuan dimaksud, maka pelanggan tetap bertanggung jawab atas segala akibat sehubungan dengan tagihan pemakaian/penggunaan jasa Indosat Phone sesuai kontrak berlangganan ini.
  8. Memberitahukan kepada Indosat apabila bermaksud berhenti berlangganan sementara atau memutuskan kontrak berlangganan.
  9. Mempunyai itikad baik dalam melaksanakan kontrak.
  10. Laporan atau pengaduan dapat disamoaikan kepada Customer Service terdekat atau melalui operator 102.
  11. Menyediakan informasi mengenai lokasi pelanggan dengan sejelas-jelasnya dimana satuan sambungan Indosat Phone akan ditempatkan.
  1. Mendapatkan pelayanan yang baik dan perlakuan jujur dari indosat.
  2. Mendapatkan informasi mengenai tarif jasa Indosat Phone secara transparan dari Indosat.
  3. Mendapatkan informasi mengenai spesifikasi teknik, sifat-sifat dan karakteristik umum layanan Indosat Phone yang disediakan Indosat.
  4. Mendapatkan informasi tentang besarnya tagihan jasa Indosat Phone (info billing).
  5. Mengajukan klaim tagihan apabila diyakini tagihan tidak sesuai dengan atau melampaui penggunaan.
  6. Mengajukan restitusi pembayaran tagihan, apabila terbukti ada kesalahan tagihan.
Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap penggunaan jasa Indosat Phone oleh siapapun di alamat Pelanggan, termasuk penggunaan oleh anggota keluarga, pegawai, penghuni, atau pihak ketiga lainnya.
  1. Pelanggan dilarang melakukan pemindahan atau perubahan berupa apapun terhadap jaringan akses/Jasa Indosat Phone.
  2. Pelanggan dilarang mengalihkan kepelangganan kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis dari Indosat.
  3. Pelanggan dilarang melakukan penjualan kembali (resale) Jasa Indosat Phone dalam bentuk apapun, kecuali atas persetujuan dari Indosat dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 

KEWAJIBAN HAK DAN LARANGAN BAGI INDOSAT

  1. Mengadakan perubahan jaringan akses dan atau perubahan nomor sambungan jasa Indosat Phone apabila secara teknis atau atas pertimbangan tertentu dalan rangka peningkatan.
  2. Memberikan restitusi pembayaran tagihan apabila terbukti ada kesalahan tagihan.
  3. Memelihara jaringan akses agar tetap dapat berjalan dengan baik.
  4. Memberikan informasi mengenai tarif jasa Indosat Phone dan Perubahannya, sekurang-kurangnya pengumuman melalui media massa sebelum berlakunya tanggal perubahannnya, atau menyediakan informasi secara rutin dalam bentuk brosur atau bentuk lainnya sesuai kebijakan Indosat.
  5. Menyediakan informasi tagihan Jasa Indosat Phone yang sewaktu-waktu dapat diakses oleh Pelanggan.
  1. Mengadakan perubahan jaringan akses dan atau perubahan nomor sambungan jasa Indosat Phone apabila secara teknis atau atas pertimbangan tertentu dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat mengharuskan dilakukan perubahan tersebut.
  2. Mengadakan perubahan secara tepat waktu dari Pelanggan sesuai dengan tagihan.
  3. Menolak permintaan ganti nomor yang diajukan Pelanggan, jika secara teknis dan administratif tidak memungkinkan.
  4. Memeriksa instalasi Pelanggan untuk memastikan agar sambungan jasa Indosat Phone dapat berfungsi dengan baik.
  5. Mengenakan sanksi kepada Pelanggan sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Sebagai penyelenggara jaringan dan jasa Indosat Phone, Indosat berhak untuk menetapkan tarif yang diberlakukan dari waktu ke waktu yang pemberlakuannya wajib diumumkan terlebih dahulu dalam media massa atau mekanisme lain yang dipandang perlu oleh Indosat.
  1. Indosat dilarang melakukan perubahan-perubahan dalam bentuk apapun terhadap jaringan akses atau nomor sambungan jasa Indosat Phone, kecuali dilakukan secara ketentuan.
  2. Indosat dilarang melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan terganggunya akses Pelanggan dalam memanfaatkan jasa Indosat Phone sesuai ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kecuali karena suatu hal yang dapat dibenarkan menurut ketentuan yang berlaku atau dalam rangka operasi dan pemeliharaan guna meningkatkan mutu pelayanan jaringan dan jasa telekomunikasi yang diselenggarakan (planned outage).
  1. Atas biaya pelanggan. Indosat dapat menyediakan Instalasi Pelanggan.
  2. Instalasi Pelanggan adalah milik Indosat.
  3. Instalasi jaringan akses dan jaringan jasa Indosat Phone adalah milik Indosat.

Indosat dibebaskan dari tanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang mungkin atau telah diderita oleh pelanggan baik keruguan langsung atau tidak langsung sebagai akibat dari fungsi atau tidak berfungsinya sambungan jasa Indosat Phone, termasuk kerugian karena :

  1. Perubahan jaringan akses, perubahan nomor atau perubahan jaringan telekomunikasi Indosat berdasarkan ketentuan butir 6.1.
  2. Kegagalan interkoneksi jaringan telekomunikasi dengan penyelenggara komunikasi lain.
  3. Kesalahan tagihan akibat dari akses/pemakaian jasa telekomunikasi yang disediakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi lain diluar Indosat.
  4. Kerusakan akibat kesalahan Pelanggan.
  5. Kerusakan akibat peristiwa/kejadian luar batas kendali normal Indosat.
  1. Tagihan Indosat Phone memuat biaya jaringan dan/atau jasa Indosat Phone yang terdiri dari :
    • Biaya berlangganan bulanan (abonemen) telepon, fasilitas (fitur) dan/atau peralatan lainnya yang diberikan oleh Indosat.
    • Biaya pemakaian berdasarkan volume pemakaian dikalikan tarif yang berlaku.
    • Biaya lainnya seperti biaya materai, PPh, tagihan tunggakan, biaya mutasi (ganti nomor, pindah alamat, balik nama) denda karena tunggakan, biaya jasa telekomunikasi dari penyelenggara lain yang ditagihkan ke Indosat.
  2. Informasi mengenai besaran tarif, denda dan jenis-jenis biaya lainnya sebagaimana dimaksud dalam butir 11.1 termasuk perubahannya dari waktu ke waktu diumumkan/diberitahukan dari Indosat kepada Pelanggan sebelum tanggal berlakunya, sekurang-kurangnya dilakukan 1 kali melalui media massa baik cetak maupun elektronik atau dapat diketahui dibrosur tarif atau di papan pengumuman dikantor Indosat setempat.
  3. Informasi mengenai besarnya tagihan/rekening jasa Indosat Phone dapat diakses oleh pelanggan melalui nomor akses info billing yang disediakan oleh Indosat setempat atau melalui operator 102.
  4. Pelanggan akan menerima tagihan bulanan yang harus dibayarkan seluruhnya selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo yang disebutkan pada nota tagihan.
  5. Sekiranya Pelanggan tidak/belum menerima nota tagihan, Pelanggan harus tetap memberitahukan kepada Indosat dan menanyakan jumlah tagihan yang harus dibayar melalui nomor Layanan Pelanggan, Pelanggan tetap berkewajiban untuk memenuhi persyaratan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo walaupum tidak/belum menerima nota tagihan yang dimaksud.
  6. Setiap keberatan terhadap tagihan harus disampaikan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo yang disebutkan pada nota tagihan.
  7. Pelanggan dengan ini mengakui sahnya bukti-bukti penagihan yang didasarkan pada data-data yang dicatat secara elektronik oleh Indosat.
  1. Pelanggaran terhadap ketentuan butir 5.1 dan 5.3 dikarenakan sanksi pengisoliran yang dapat diikuti dengan pemutusan sambungan jasa Indosat Phone.
  2. Pelanggaran terhadap butir 5.2 mengakibatkan tidak dialihkannya tanggung jawab Pelanggan kepada penerima pengalihan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya yang timbul dari kepelangganannya berdasarkan kontrak berlangganan ini. Selain saksi tersebut Indosat berhak melakukan pengisoliran atas nomor berlangganan jasa Indosat Phone dimaksud, sampai diperolehnya persetujuan dari Indosat terhadap pengalihan kepelangganan tersebut.
  3. Pelanggaran terhadap ketentuan butir 2.3 dikenakan saksi mulai dari denda, pengisoliran sampai dengan pemutusan sambungan jasa Indosat Phone sesuai dengan waktu pembayarannya.
  4. Pengenaan saknsi sesuai dengan butir 11.1 dan 11.2 tidak mengurangi kewajiban Pelanggan (eks Pelanggan) ahli waris atau penggantinya untuk melunasi seluruh tunggakan termasuk dendanya kepada Indosat.
  5. Pelanggan dengan ini memahami, mengetahui dan menyatakan bahwa ketentuan dalam butir 11.1 sampai dengan 11.3 merupakan pemberitahuan/informasi tentang kemungkinan dikarenkan saksi tersebut, oleh karena itu tidak ada kewajiban bagi Indosat untuk memberitahukan lebih dahulu kepada Pelanggan atas pengenaan sanksi dimaksud.
  1. Tidak dilaksanakannya sebagian atau seluruh kontrak ini oleh salah satu atau kedua belah pihak tidak termasuk pelanggaran atas kontrak, jika hal tersebut disebabkan oleh keadaan Force Majeure (keadaan memaksa).
  2. Yang dimaksud Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga dan berdampak luas bagi pihak yang mengalaminya, termasuk peristiwa-peristiwa: bencana alam, wabah penyakit, pemberontakan, huru hara, perang, kebakaran, sabotase, pemogokan umum, putus aliran listrik umum diluar kemampuan para pihak untuk mengatasinya.
  3. Seluruh kerugian yang dialami oleh salah satu pihak sebagai akibat dari keadaan Force Majeure tidak menjadi tanggung jawab pihak lainnya
Apabila oleh suatu sebab terdapat sebagian dari ketentuan dalam kontrak berlangganan ini dibatalkan oleh hakim atau menjadi batal demi hukum, maka ketentuan tersebut tidak membatalkan atau mempengaruhi ketentuan lainnya.
  1. Kontrak ini dapat diakhiri secara sepihak oleh Indosat, karena diberlakukannya sanksi pencabutan berdasarkan ketentuan butir 11.1 dan atau butir 11.2 atau Indosat tidak mampu lagi menjadi penyelenggara jasa Indosat Phone di wilayah lokasi pelanggan.
  2. Pelanggan dapat mengakhiri kontrak secara sepihak dengan memberitahukan kepada Indosat Phone di wiliyah lokasi Pelanggan.
  3. Indosat dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 KUH Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan kontrak dapat dilakukan oleh salah satu pihak jika ada wanprestasi dan dinyatakan sah tanpa memerlukan keputusan Hakim.
  1. Perselisihan yang menyangkut pelaksanaan dan atau penafsiran atas kontrak ini diselesaikan bersama oleh Indosat dan Pelanggan secara musyawarah.
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah berdasarkan ketentuan butir 15.1 tidak tercapai, maka Indosat dan Pelanggan sepakat menyerahkan penyelesauan kepada Pengadilan Negeri (BANI/Badan Arbitrase Negara Indonesia) pilih salah satu.
  1. Mengenai kontrak berlangganan ini dan segala akibarnya tunduk pada peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku di Indonesia serta dengan ini kedua belah pihak memilih domisili yang tetap tidak berubah dikantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri.
  2. Hal-hal yang belum cukup diatur dalam kontrak ini akan diatur lebih lanjut dalam brosur, leaflet, katalog produk, pengumuman/pemberitahuan dan/atau dokumen lain yang diterbitkan secara resmi dari waktu ke waktu oleh Indosat.
  3. Pelanggan dengan ini menyatakan telah membaca dan mengerti serta sepakat untuk tunduk pada setiap ketentuan kontrak berlangganan ini termasuk perubahan, tambahan atau pembaharuan atas ketentuan-ketentuan kontrak ini sebagaimana ditetapkan dari waktu ke waktu oleh Indosat.
Indosat Ooredoo © 2018 All Rights Reserved