Syarat dan Ketentuan Berlangganan GIG

Syarat dan Ketentuan Berlangganan GIG

Pasal 1

Definisi

  1. Aktivasi adalah suatu kondisi dimana suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan.
  2. Biaya Berlangganan adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh PELANGGAN kepada PT INDOSAT MEGA MEDIA (“IM2”) atas Jasa yang digunakannya.
  3. Berita Acara Lapangan (BALAP) adalah berita acara pemasangan dan pengaktifan Perangkat untuk pengoperasian Jasa, maupun penonaktifan Jasa.
  4. Blok adalah suatu kondisi dimana suatu Jasa/layanan tidak dapat dipergunakan untuk sementara.
  5. Close adalah suatu kondisi dimana perangkat fisik telah di de-instalasi sehingga Jasa/layanan tidak dapat dipergunakan untuk seterusnya, dapat disebut juga dengan pemutusan.
  6. Formulir Aplikasi Berlangganan (FAB) yaitu formulir yang dilengkapi dengan syarat berlangganan yang dibuat oleh dan antara PELANGGAN dan IM2 untuk berlangganan Jasa dan wajib dilengkapi oleh PELANGGAN untuk diserahkan kepada IM2 sebagai permohonan berlangganan Jasa, untuk selanjutnya disebut Kontrak Berlangganan. 
  7. Formulir Perubahan (FP) adalah formulir yang harus dilengkapi oleh Pelanggan dan kemudian diserahkan kepada IM2 untuk permohonan perubahan data non teknis maupun perubahan data teknis.
  8. GIG adalah layanan internet broadband dengan kecepatan tinggi menggunakan Fiber Optic, yang dapat dinikmati oleh pelanggan secara unlimited selama 7x24 jam. GIG terdiri atas layanan internet dan/atau Indosat Phone dan/atau Layanan Multimedia.
  9. GIG Plus adalah layanan internet broadband yang dikhususkan untuk segmen Small Office Home Office (SOHO) dengan kecepatan tinggi menggunakan Fiber Optic, yang dapat dinikmati oleh pelanggan secara unlimited selama 7x24 jam. GIG Plus terdiri atas layanan internet dan/atau Indosat Phone dan/atau Layanan Multimedia.
  10. IM2 adalah PT Indosat  Mega Media, penyelenggara Jasa yang berkedudukan di Jalan Kebagusan Raya No 36 Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan DKI Jakarta 12550.
  11. Indosat Phone adalah layanan Fixed Phone milik PT. Indosat, Tbk sesuai dengan ijin yang dimilikinya 
  12. Instalasi adalah suatu kondisi dimana dilakukan penyambungan perangkat secara fisik sehingga suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan.
  13. Jaringan Akses adalah jaringan untuk menghubungkan perangkat IM2 dengan perangkat pelanggan, mulai dari Optical Line Terminal (OLT) sampai dengan Optical Network Terminal (ONT).
  14. Jasa berarti layanan GIG dan/atau layanan GIG Plus dan/atau GIGamaze
  15. Layanan Multimedia adalah layanan konten melalui jaringan internet yang disediakan dalam beberapa paket berupa konten data, informasi atau multimedia.
  16. PELANGGAN adalah orang atau pihak yang berlangganan Jasa dari IM2
  17. Perangkat IM2 adalah alat-alat milik atau yang disediakan IM2 yang ditempatkan di lokasi PELANGGAN untuk pengoperasian Jasa.
  18. Perangkat Pelanggan adalah alat-alat milik atau yang disediakan Pelanggan yang ditempatkan di lokasi PELANGGAN untuk pengoperasian Jasa.
  19. Unblok adalah suatu keadaan dimana suatu Jasa/layanan dapat dipergunakan kembali

 

Pasal 2

Ruang Lingkup

  1. IM2 sepakat untuk menyediakan fasilitas pelayanan Jasa dengan kecepatan sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan.
  2. Cakupan area yang dapat digunakan untuk Jasa tergantung dari cakupan area yang dimiliki oleh IM2.
  3. Aktivasi dapat dilaksanakan pada jaringan IM2 yang sudah dapat digunakan internet.
  4. Demi kenyamanan dan keamanan penggunaan Jasa, maka PELANGGAN dilarang untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun, termasuk dan tidak terbatas pada :
    1. Mengganggu atau merusak suatu network atau sistem komputer pihak manapun.
    2. Spamming atau pengiriman email secara  terus menerus dengan tidak bertanggungjawab.
    3. Memalsukan email header atau metode lain yang digunakan dengan tujuan untuk memalsukan identitas PELANGGAN.
    4. Pelanggaran atas hak milik intelektual.
    5. Tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan, peraturan, atau hukum yang berlaku di Wilayah Republik Indonesia.

 

Pasal 3

Jangka Waktu

  1. Jangka waktu berlangganan Jasa adalah sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlangganan dan berlaku mulai tanggal yang tercantum dalam BALAP dan akan diperpanjang secara otomatis kecuali pelanggan memberitahukan permohonan berhenti berlangganan sebagaimana dimaksud ayat 2 pasal ini.
  2. PELANGGAN wajib memberitahukan secara tertulis permohonan berhenti berlangganan minimal 1 (satu) bulan sebelum tanggal berhenti berlangganan.
  3. Jangka waktu minimum berlangganan GIG atau GIG Plus atau layanan multimedia adalah 12 bulan atau mengikuti jangka waktu promo yang sedang berlaku.

 

Pasal 4

Kepemilikan Aset

  1. Aset Perangkat IM2 dan fasilitas pendukungnya yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan Jasa tetap berada dalam kepemilikan IM2 untuk dipinjamkan kepada PELANGGAN seperti yang tercatat dan tercantum dalam BALAP.
  2. Selama masa berlangganan aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 sebagaimana tercantum dalam ayat 1 Pasal ini adalah menjadi tanggung jawab PELANGGAN.
  3. Jika terjadi kehilangan aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 sebagaimana tercantum dalam ayat 1 Pasal ini, maka PELANGGAN wajib untuk memberikan surat keterangan hilang dari kepolisian kepada IM2 maksimal 2 x 24 jam sejak aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 diketahui hilang.
  4. Biaya penggantian aset perangkat dan fasilitas pendukung milik IM2 yang hilang termasuk biaya pengiriman menjadi tanggung jawab PELANGGAN dengan nilai disesuaikan dengan nilai buku pada tahun berjalan di IM2.
  5. Biaya sebagaimana dimaksud ayat (4) Pasal ini akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan PELANGGAN.

 

Pasal 5

Hak dan Kewajiban IM2

  1. IM2 mempunyai hak sebagai berikut:
  1. Atas kebenaran, kerahasiaan dan atau kualitas informasi-informasi yang disampaikan oleh PELANGGAN yang tercantum di Kontrak Berlangganan.
  2. Menerima pembayaran PELANGGAN sesuai dengan biaya berlangganan yang tercantum pada Kontrak Berlangganan.
  3. Melakukan Blok dan Close sebagaimana tercantum pada Pasal 8 Kontrak Berlangganan ini.
  4. IM2 tidak bertanggung jawab atas segala akibat penggunaan dan penyalahgunaan username dan password yang diberikan kepada PELANGGAN, termasuk bila terjadi penyalahgunaan oleh Pihak Ketiga.
  5. Apabila terjadi kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh kesalahan, kesengajaan, atau kelalaian PELANGGAN, maka IM2 berhak memungut biaya perbaikan.
  6. Melakukan perubahan terhadap layanan termasuk namun tidak terbatas pada perubahan tarif, bandwidth dan Layanan Multimedia.

 

2. IM2 mempunyai kewajiban sebagai berikut :

  1. Menyediakan fasilitas pelayanan Jasa dengan kecepatan sebagaimana tercantum dalam Kontrak Berlanggananuntuk dapat dipergunakan oleh PELANGGAN.
  2. Melakukan aktivasi  Jasa setelah PELANGGAN menandatangani Kontrak Berlangganan.
  3. Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan dari kerusakan atau gangguan disisi jaringan dan Perangkat IM2 kecuali Force Majeure.
  4. Wajib memberitahukan PELANGGAN bila terjadi perubahan sebagaimana dimaksud ayat 1 butir f Pasal ini.

 

Pasal 6

Hak dan Kewajiban PELANGGAN

 1. Pelanggan mempunyai hak sebagai berikut :

  1. Memperoleh penyediaan fasilitas Jasa sebagaimana termaktub dalam Kontrak Berlangganan ini.
  2. Menerima username dan password yang merupakan identifikasi PELANGGAN.
  3. Mengajukan laporan atau pengaduan kepada IM2, yang dapat disampaikan kepada Customer Service IM2.

2. Pelanggan mempunyai kewajiban sebagai berikut :

  1. Menjamin bahwa segala data dan keterangan yang diberikan kepada IM2 dalam Kontrak Berlangganan adalah benar.
  2. Membayar biaya-biaya sebagaimana diatur dalam Kontrak  Berlangganan ini.
  3. Melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Jika PELANGGAN belum/atau tidak melengkapi dokumen dan persyaratan tidak dapat dilanjutkan pada proses instalasi.
  4. Menyediakan sarana pendukung sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh IM2, termasuk perijinan dan atau persetujuan dari pengelola lokasi, serta menanggung biaya lain-lain yang mungkin timbul.
  5. Memberitahukan secara tertulis kepada IM2 untuk setiap perubahan alamat atau perubahan data yang dibuktikan dengan mengisi FP.
  6. Menjaga kerahasiaan password serta bertanggung jawab atas akibat yang timbul akibat penggunaan dan penyalahgunaan password yang diberikan kepada PELANGGAN, termasuk bila terjadi penyalahgunaan oleh Pihak Ketiga.
  7. Bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul karena tidak ditaatinya peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Pemeliharaan atas fasilitas Jasa yang berada di bawah kepemilikan masing-masing pihak dan segala biaya yang timbul menjadi tanggung jawab masing-masing pihak tersebut.

 

Pasal 7

GIGamaze

  1. Ketentuan-ketentuan dalam Pasal ini berlaku bagi PELANGGAN yang berlangganan layanan GIGamaze.
  2. GIGamaze merupakan solusi perangkat WiFi rumah / perkantoran dengan teknologi Mesh WiFi dari IM2 yang mempunyai keunggulan seamless uninterruptable connectivity, memaksimalkan kecepatan dan bandwidth serta memperluas cakupan WiFi internet secara merata di rumah / perkantoran dengan kemudahan kontrol melalui aplikasi mobile yang memiliki fitur Device visualization, Device management dan Parental control.
  3. Garansi Perangkat adalah jaminan atas perangkat GIGamaze dari kerusakan yang disebabkan bukan karena kesalahan atau kelalaian PELANGGAN termasuk namun tidak terbatas pada modifikasi, penyalahgunaan, perbaikan dan kesalahan isntalasi oleh PELANGGAN.
  4. Site Visit adalah kunjungan dari teknisi IM2 ke lokasi PELANGGAN yang merupakan permintaan dari PELANGGAN untuk menyelesaikan permasalahan teknis terkait pemasangan dan gangguan atas Perangkat GIGamaze.
  5. Instalasi perangkat GIGamaze dapat dilakukan oleh IM2 maupun oleh PELANGGAN dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Apabila instalasi dilakukan oleh IM2 maka teknisi IM2 akan melakukan aktivasi perangkat GIGamaze di lokasi PELANGGAN.
    2. Apabila instalasi dilakukan oleh PELANGGAN maka IM2 tidak bertanggung jwab atas segala kesalahan pada saat proses instalasi tersebut.
  6. Terhadap PELANGGAN yang memilih paket berlangganan bulanan untuk layanan GIGamaze berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
    1. Jangka waktu minimum berlangganan GIGamaze adalah 24 (dua puluh empat) bulan.
    2. Selama berlangganan, apabila perangkat GIGamaze ini hilang atau rusak karena kesalahan atau kelalaian PELANGGAN maka PELANGGAN wajib membayar denda yang sesuai dengan ketentuan pada huruf d. ayat ini.
    3. Jika PELANGGAN berhenti berlangganan, maka perangkat GIGamaze dan kelengkapannya wajib dikembalikan kepada IM2 dengan cara  diambil oleh pihak IM2 atau dapat diserahkan kepada perwakilan IM2 yang ditunjuk. Jika pengembalian Perangkat GIGamaze dalam kondisi hilang atau rusak karena kesalahan atau kelalaian PELANGGAN maka kepada PELANGGAN wajib membayar denda yang sesuai dengan ketentuan pada huruf d. ayat ini.
    4. Terhadap perangkat GIGamaze yang hilang atau rusak karena kesalahan atau kelalaian PELANGGAN maka PELANGGAN wajib membayar denda sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) per unit.
  7. Terhadap PELANGGAN yang memilih paket One Time Charge (OTC) untuk layanan GIGamaze berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
    1. Perangkat GIGamaze menjadi milik PELANGGAN.
    2. Garansi Perangkat selama 12 bulan.
    3. Pada bulan ke-13 dan seterusnya, pelanggan tetap dapat menikmati layanan GIGamaze dan akan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku  kecuali pelanggan memberitahukan permohonan berhenti berlangganan sebagaimana dimaksud Pasal 3 ayat 2 Kontrak Berlangganan ini.
  8. Jika terjadi gangguan terhadap perangkat GIGamaze sehingga diperlukan adanya Site Visit maka PELANGGAN akan dikenakan biaya untuk setiap kunjungan yang nilainya ditentukan oleh IM2.
  9. Dalam hal perangkat GIGamaze digunakan bersama-sama dengan layanan internet selain dari IM2, maka IM2 tidak bertanggung jawab atas layanan internet tersebut.

 

Pasal 8

Blok,Unblok, Close

  1. ​Blok akan dilakukan oleh IM2 apabila :
    1. PELANGGAN melalaikan kewajiban pembayaran sebagaimana diatur dalam Pasal 12 Kontrak Berlangganan ini, Blok atas Jasa akan dilakukan pada akhir bulan berjalan (N). 
    2. Ada permintaan khusus karena terbukti disalahgunakan oleh pihak lain (pelaku tindak kejahatan).
  2. Unblok akan dilakukan oleh IM2 apabila :
    1. PELANGGAN telah melunasi pembayaran dan telah tercatat pada system billing IM2, Jasa akan diaktifkan kembali (Unblok) dalam waktu 1x24 jam secara otomatis atau menghubungi Customer Care.
    2. Ada permintaan aktivasi kembali setelah blok karena penyalahgunaan Jasa dan tidak ada tunggakan tagihan.
  3. Tagihan Jasa akan tetap terbit meskipun Jasa dalam kondisi ter Blok. 
  4. IM2 akan melakukan Close yang menyebabkan pencabutan fasilitas Jasa dan berakibat putusnya Kontrak Berlangganan apabila :
    1. PELANGGAN melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini.
    2. PELANGGAN dalam waktu 1 (satu) bulan+ 5 (lima) hari setelah dilakukannya Blok atas Jasa (N+1) sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf a Pasal ini, belum juga melunasi seluruh tagihan yang diterbitkan.
  5. Jika IM2 melakukan Close sebagaimana dimaksud ayat 4 Pasal ini,maka  IM2 tetap berhak melakukan penagihan atas sisa tagihan terhutang.
  6. Kedua belah pihak sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dengan demikian pemutusan Kontrak Berlangganan yang dimaksud pada pasal ini cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis tanpa harus menunggu keputusan hakim. Ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini berlaku terus sampai dengan diselesaikannya seluruh hak dan kewajiban dari masing - masing pihak.
  7. Jika PELANGGAN berhenti berlangganan, maka perangkat ONT (modem) dan/atau STB (Set Top Box) dan kelengkapannya akan diambil kembali oleh pihak IM2 atau dapat diserahkan kepada perwakilan IM2 yang ditunjuk. Jika pengembalian ONT dan/atau STB dalam kondisi rusak atau hilang maka kepada PELANGGAN akan dikenakan denda sebesar :
    1. Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) untuk ONT
    2. Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) untuk STB

 

 

Pasal 9

Penyambungan Kembali

  1. Penyambungan kembali fasilitas dan layanan karena Blok atau Close menurut ketentuan Pasal 8 Kontrak  Berlangganan ini dilakukan setelah PELANGGAN melunasi tunggakan.
  2. Penyambungan kembali karena Close akan diperlakukan sebagai pendaftaran baru.

 

Pasal 10

Perpindahan dan Perubahan

  1. Permintaan pemindahan peralatan Jasa yang telah dipasang ke lokasi baru (relokasi) oleh PELANGGAN, diperlakukan sebagai sambungan baru, sepanjang teknis memungkinkan. Segala biaya yang timbul menjadi tanggung jawab PELANGGAN.
  2. Berdasarkan permintaan PELANGGAN secara tertulis, IM2 dapat melakukan perubahan paket layanan sepanjang teknis memungkinkan.
  3. Perpindahan PELANGGAN ke lokasi baru wajib membawa perangkat ONT dan perangkat lainnya untuk dipasang di lokasi baru.
  4. Perubahan paket layanan tersebut pada ayat 2 (dua) Pasal ini mengakibatkan berubahnya Biaya Bulanan Berlangganan, dan PELANGGAN wajib membayar biaya perubahan sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Pasal 11

Peralihan Hak Pelanggan

  1. Berdasarkan permintaan PELANGGAN secara tertulis, IM2 dapat menyetujui pengalihan hak dan kewajiban berlangganan fasilitas dan pelayanan Jasa dari PELANGGAN kepada pihak ketiga, sepanjang tidak terdapat perubahan teknis dan pihak ketiga yang ditunjuk memenuhi ketentuan dan syarat-syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Segala biaya yang timbul akibat pengalihan hak ini menjadi tanggung-jawab PELANGGAN.
  2. Pengalihan hak sebagaimana termaktub pada ayat (1) Pasal ini wajib dituangkan dalam kesepakatan tertulis yang ditandatangani PELANGGAN dengan pihak ketiga pada kertas bermaterai cukup.

 

Pasal 12

Biaya & Pembayaran

  1. Pembayaran harus dilakukan oleh PELANGGAN ke rekening bank yang sudah ditunjuk IM2 yang tertera pada tagihan Jasa.
  2. Besarnya pembayaran yang dilakukan oleh PELANGGAN harus sesuai dengan besarnya jumlah tagihan yang tercantum pada tagihan Jasa. 
  3. Pembayaran harus dilakukan oleh PELANGGAN selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo sesuai dengan yang tercantum pada tagihan Jasa.
  4. Pajak-pajak yang timbul sehubungan dengan pembayaran Jasa harus diperlakukan sesuai dengan peraturan perundangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  5. Jika PELANGGAN melakukan pembatalan berlangganan sebelum diterbitkannya tagihan berlangganan, maka PELANGGAN tidak dikenakan biaya. Apabila secara teknis sudah aktif maka PELANGGAN diwajibkan membayarkan tagihan.

 

Pasal 13

Force Majeure

  1. Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang diakibatkan keadaan-keadaan diluar kekuasaan para pihak yang mengakibatkan terhentinya atau tertundanya pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini, termasuk namun tidak terbatas pada gempa bumi, taufan, kebakaran, ledakan, banjir, sabotase, kerusuhan dan huruhara, peraturan dan atau larangan pemerintah.
  2. Setiap kejadian yang bersifat Force Majeure, harus diberitahukan kepada pihak lainnya, paling lambat 7 (tujuh) hari kalender terhitung sejak terjadinya Force Majeure dan pada saat berakhirnya, dan keadaan tersebut telah diterangkan secara resmi oleh pejabat pemerintah yang berwenang.
  3. Semua kerugian dan biaya yang diderita oleh salah satu pihak sebagai akibat terjadinya Force Majeure bukan merupakan tanggung jawab pihak lain.

 

Pasal 14

Penyelesaian Perselisihan

  1. Apabila terjadi perselisihan antara PARA PIHAK sehubungan dengan Kontrak  Berlangganan ini, maka PARA PIHAK sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah tidak tercapai, maka dimintakan penyelesainnya kepada Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) untuk diputus oleh arbiter-arbiter menurut Peraturan Prosedur BANI dalam tingkat pertama dan terakhir.
  3. Kontrak Berlangganan ini tetap berlaku dan PARA PIHAK tetap melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing, sampai perselisihan sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, mendapatkan penyelesaian baik sebagai hasil musyawarah maupun berdasar atas keputusan BANI yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

 

Pasal 15

Lain-lain

  1. Kontrak Berlangganan ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Apabila ada hal-hal yang belum diatur dalam Kontrak Berlangganan ini, maka hal-hal tersebut akan diatur dan ditetapkan kemudian secara tertulis dengan tetap memperhatikan ketentuan - ketentuan dan peraturan internal IM2 dan hukum yang berlaku di Indonesia.
  3. Apabila terjadi perbedaan data antara IM2 dengan PELANGGAN, maka data yang akurat adalah data yang ada pada IM2.
  4. Kontrak Berlangganan ini meliputi FAB, BALAP,  FP,dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan Jasa ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Berlangganan ini. Dalam terjadi ketidaksesuaian antara ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini dengan ketentuan dalam BALAP dan dokumen-dokumen lainnya tersebut maka ketentuan dalam Kontrak Berlangganan ini yang berlaku.
  5. PARA PIHAK tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku di Republik Indonesia dan peraturan-peraturan di bawahnya dan segala akibat yang timbul karena adanya pelanggaran oleh PARA PIHAK yang melakukan pelanggaran menjadi tanggung jawab penuh pada PIHAK yang melakukan pelanggaran baik konsekuensi administrasi maupun konsekuensi hukum.

 

Pasal 16

Disclaimer

  1. IM2 tidak bertanggung jawab atas kerugian-kerugian PELANGGAN atau pihak ketiga yang timbul berkaitan dengan penggunaan Jasa.
  2. Jasa menggunakan prinsip sharing sumber daya jaringan, sehingga kinerja kecepatan dan ketersediaan konektivitas ditentukan oleh kepadatan trafik yang terjadi dan kemampuan perangkat yang digunakan. Dengan demikian IM2 tidak secara implisit maupun eksplisit memberikan suatu jaminan apapun terkait dengan kecepatan bandwidth yang secara riil dinikmati PELANGGAN.
  3. Layanan Multimedia dibuat/disediakan oleh institusi media yang menjadi mitra IM2 dan IM2 tidak bertanggung jawab atas isi atau materi dari Layanan Multimedia.

 

Pasal 17

Penutup

  1. Formulir Aplikasi Berlangganan, Formulir Perubahan dan Lampiran dari Kontrak Berlangganan ini adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Berlangganan ini.
  2. Kontrak Berlangganan ini dibuat dalam rangkap 2 (dua), masing-masing sama bunyinya serta mempunyai kekuatan hukum yang sama setelah ditandatangani oleh para pihak.
  3. Bila terjadi perbedaan pengertian antara teks bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia dalam Kontrak Berlangganan ini, maka teks Bahasa Indonesia yang berlaku.
  4. Untuk mengetahui informasi dan syarat berlangganan yang terbaru dan berlaku terhadap Jasa, maka PELANGGAN wajib melakukan pengecekan pada website IM2 (www.gig.id).

 

 

Article 1

Definition

  1. Activation is an activity/process that is undertaken in order the service could be well operated.
  2. Monthly Fee is a fee that must be paid by the CUSTOMER to PT INDOSAT MEGA MEDIA (“IM2”) on Services uses.
  3. User Acceptance Document (UAD) is report of completed installation and instrument activation, or deactivation of Service.
  4. Block is a condition where the Service is temporary disconnected.
  5. Close or also known as Deactivation is condition where physical instrument has been dismantled, thus the Service is no longer available.
  6. Subscription Form (SF) is a form with terms and conditions that is made by and between CUSTOMER and IM2 as a requirement to subscribe the Services. The form is compulsory filled in by CUSTOMER to be submitted to IM2 as registration process, hereinafter referred to as Contract.
  7. Modification Form (MF) is a form that should be filled in by CUSTOMER and submitted to IM2 when CUSTOMER need to modify administration or technical data.
  8. GIG is a ultra high speed internet broadband service based on Fiber Optic, offering unlimited broadband at 7x24 hours to customers. GIG consists of internet services and / or Indosat Phone and / or Multimedia Services.
  9. GIG Plus is a ultra high speed internet broadband service special for Small Office Home Office (SOHO) segment based on Fiber Optic, offering unlimited broadband at 7x24 hours to customers. GIG Plus consists of internet services and / or Indosat Phone and / or Multimedia Services.
  10. IM2 is PT Indosat Mega Media, Service provider domiciled at Jalan Kebagusan Raya No 36 Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan DKI Jakarta 12550.
  11. Indosat Phone is Fixed Phone services owned by PT. Indosat, Tbk  in regarding with law and regulations in Republik Indonesia.
  12. Installation is a process to physically connect/configure the instruments in order to make the Service available.
  13. Access Network is the telecomunication network that connect IM2 network infrastructure to Customer Equipment, from Optical Line Terminal (OLT) to Optical Network Terminal (ONT).
  14. Service means GIG and/or GIG Plus services and/or GIGamaze.
  15. Multimedia services are content services through the internet that are provided in several packages in the form of data, information or multimedia content.
  16. CUSTOMER is person or parties subscribing Service from IM2
  17. IM2 Equipment is instrumentsthat owned or provided by IM2 which is installed at CUSTOMER’s location in order the Service to be operable.
  18. Customer Equipment means any instruments that owned or provided by CUSTOMER, which is located at the CUSTOMER’s location to operate the Service.
  19. Unblock is a situation where a service / services can be reused.

 

Article 2

Scope of Work

  1. IM2 agreed to provide Service facility with the speeds as stated in the Contract.
  2. Coverage area that can be used for Service depends on the coverage area that is owned by IM2.
  3. Activation can be implemented on a IM2 network which already can be used for the internet.
  4. For the convenience and safety of Service, the CUSTOMER is forbidden to perform actions that could harm any party, including but not limited to :
  1. Disrupt of damage a computer system network or any party.
  2. Spamming, or sending emails continuously with no responsibility.
  3. Falsifying email headers or other methods used for the purpose of falsifying identity CUSTOMER.
  4. Infringement of intellectual property rights.
  5. Actions that violate the norms of civility, decency regulations, or laws applicable in the Territory of the Republic of Indonesia. 

 

Article 3

Subscription Terms

  1. The period of subscription to the Service is as stated in the Subscription Contract and is valid from the date stated in BALAP and will be automatically extended unless the customer notifies the request for unsubscription as referred to in paragraph 2 of this article.
  2. CUSTOMER is obliged to notify in writing of an unsubscribe request at least 1 (one) month before the unsubscribe date.
  3. The minimum subscription period for GIG or GIG Plus or multimedia services is 12 months or follows the validity period of the promo.

 

Article 4

Ownership of Assets

  1. IM2 assets (IM2 Equipment) and the supporting facilities used in order to give Service connection remain to be own by IM2 and to be lend to CUSTOMER as listed and stated in UAD.
  2. During subscription period, IM2 assets and other supporting facilities as mentioned in paragraph (1) of this Article will be under CUSTOMER’s responsibility.
  3. In the event of the loss of IM2 Equiment and other supporting facilities as mentioned in paragraph (1) of this Article, CUSTOMER is obliged to provide written statement from The Authority (Police) maximum 2x24 hours since the occurrence.
  4. IM2 Equipment replacement cost and other supporting facilities including delivery cost, will be under Customer’s responsibility, based on book value IM2 current.
  5. The cost as mentioned in paragraph (4) of this Article will be charged with IM2 billing statement / invoice.

 

Article 5

Rights and Obligations of IM2

  1. IM2 shall have the following rights :
  1. For accuracy, confidentiality and or the quality of information stated by CUSTOMER on the Contract.
  2. Receive payment from CUSTOMER in accordance with the Monthly Fee as stipulated on this Contract.
  3. IM2 will have the right to Block and Close of the Service as mentioned in Article 8 of this Contract.
  4. IM2 is not responsible for any consequences of use and misuse of the username and password provided to CUSTOMER, including in event of abuse by Third Party.
  5. In case of damage or disruption caused by errors, intentional misconduct, or negligence CUSTOMER, then IM2 entitled to collect the cost of repairs.
  6. Changes to services includes but is not limited to changes in rates, bandwidth and Multimedia Services

2. IM2 shall have the following obligations :

  1. To provide the facility of Service with bandwidth as mentioned in the Contract, to be utilized by CUSTOMER.
  2. To activate the Service as soon as CUSTOMER complete and sign the Contract.
  3. Responsible for maintenance and reparation of any damage or Service interruption caused by IM2 network and equipment malfunction, except Force Majeure.
  4. Should notify to CUSTOMER should there is any tariff changing if there is a change as mentioned in paragraph (1) point f of this Article.

 

Article 6

Rights and Obligation of CUSTOMER

  1. CUSTOMER shall have the following rights :
  1. CUSTOMER is entitle for Service as it is stipulated in this Contract.
  2. Receive username and password as a CUSTOMER identification.
  3. Submit reports or complaints to IM2, can be submitted to Customer Service.

2. CUSTOMER shall have the following obligation :

  1. CUSTOMER guarantee that all data and information provided to IM2 in the Contract are correct.
  2. CUSTOMER will be responsible for any charges as stipulated in the Contract.
  3. Completing the documents and requirement needed. If  CUSTOMER has not/or not complete document and requirement cannot continue into installation process.
  4. CUSTOMER must provide supporting facilities based on specification IM2 needed, including permit and or agreement from building/area management, and pay any others fee if needed.
  5. CUSTOMER should inform IM2 for any data changesby filling in MF.
  6. Maintain the confidentiality of password and are responsible for the consequences arising from the use and misuse of the password provided for CUSTOMER, including in the event of abuse by Third Party.
  7. Responsible for any consequences arising due to non-compliance of laws and regulations that apply.
  8. Maintenance of facility that owned by each party, and any cost that arise as a result of those activities should be at each party’s responsibility. For maintenance or trouble shooting purposes.

 

Article 7

GIGamaze

  1. The provisions in this Article apply to CUSTOMERS who subscribe to GIGamaze services.
  2. GIGamaze is a home / office WiFi device solution with Mesh WiFi technology from IM2 which has the advantages of seamless uninterruptable connectivity, maximizes speed and bandwidth and expands WiFi internet coverage evenly in homes / offices with easy control through a mobile application that features Device visualization, Device management and Parental control.
  3. Device Warranty is a guarantee for GIGamaze devices from damage caused not due to CUSTOMER's fault or negligence including but not limited to modification, misuse, repair and installation error by CUSTOMER.
  4. Site Visit is a visit from IM2 technician to CUSTOMER's location which is a request from CUSTOMER to solve technical problems related to installation and interference of GIGamaze Devices.
  5. Installation of GIGamaze devices can be carried out by IM2 or by CUSTOMER with the following conditions :
    1. If  the installation is done by IM2, the IM2 technician will activate the GIGamaze device at the CUSTOMER location.
    2. If the installation is carried out by the CUSTOMER, IM2 is not responsible for any errors during the installation process.
  6. For CUSTOMERS who choose a monthly subscription package for GIGamaze service, the following conditions apply:
    1. The minimum term of GIGamaze subscription is 24 (twenty four) months.
    2. During the subscription, if the GIGamaze device is lost or damaged due to the CUSTOMER's fault or negligence, the CUSTOMER must pay a fine in accordance with the provisions in letter d. this paragraph.
    3. If CUSTOMER stops subscribing before the maturity of a minimum subscription period of 24 (twenty four) months, then GIGamaze equipment and its accessories must be returned to IM2 by means of being taken by IM2 or it can be submitted to the designated IM2 representative. If the return of the GIGamaze Device is lost or damaged due to the CUSTOMER's fault or negligence, the CUSTOMER must pay a fine in accordance with the provisions in letter d. this paragraph.
    4. For lost or damaged GIGamaze equipment due to CUSTOMER's fault or negligence, CUSTOMER must pay a fine of Rp. 1,000,000 (one million rupiah) per unit.
  7. For CUSTOMERS who choose the One Time Charge (OTC) package for GIGamaze services, the following conditions apply :
    1. GIGamaze equipment belongs to the CUSTOMER.
    2. Device warranty for 12 months.
    3. In the 13th month onwards, customers can still enjoy GIGamaze services and will be charged according to the applicable provisions unless the customer notifies the request for unsubscription as referred to in article 3 paragraph 2 of this Subscription Contract.
  8. If there is interference with the GIGamaze equipment so that a Site Visit is required, the CUSTOMER will be charged for each visit whose value is determined by IM2.
  9. In the event that the GIGamaze device is used together with internet services other than IM2, IM2 is not responsible for the internet service.

 

Article 8

Block, Unblock, Close

  1. Block will be conducted by IM2 if :
    1. CUSTOMER neglects his obligation to the make payments as mentioned in Article 12 of this Contract, the Service will Block at the end of the month (N).
    2. There is a special request because it proved to be misused by others (the perpetrator).
  2. Unblock will do by IM2 if :
    1. CUSTOMER settle the payment and has been updated on IM2 billing system, the Service will be activated (unblock) in 1x24 hours automatically or by contact Customer Care.
    2. There is a reactivation request after Block because of misuse Service and no delinquent bills.
  3. Invoice will continue to be issued even though  the Service is Blocked.
  4. IM2 will disconnect (Close) the Service and will dismantle the instruments if only the following circumstances occuring :
    1. CUSTOMER violates the provisions of this Contract.
    2. CUSTOMER within 1 (one) month + 5 (five) days subsequent to the block on Services (N + 1) referred toparagraph (1) letter a. of this Artivle, has not settled all claims issued.
  5. If IM2 do Close referred to paragraph (4) of this Article, then the IM2 still entitled to collect on the remaining outstanding bills.
  6. Both of parties are herewith agree to waive Article 1266 of Civil Code Law, so any termination of this Contractas mentioned on this article should be conducted upon the written notification without the court awards waiting. Any provision in the Contract should remain valid until the completion of the whole rights and obligations of each party. 
  7. If the CUSTOMER unsubscribe, then the ONT (modem) and/or STB (Set Top Box) device and its accessories will be taken back by IM2 or can be return to IM2 representative. If damaged or lost then to CUSTOMER will be fined :
    1. Rp1.000.000, - (one million rupiah) for ONT
    2. Rp500.000,- (five hundred thousand rupiah) for STB

 

Article 9

Reconnection

  1. Any Reconnection of facility and Service due to Block or Close as mentioned in Article 8 of this Contract will be conducted after settlement of delinquent payment of CUSTOMER.
  2. Reconnection due to the termination will be treated as a new installment.

 

Article 10

Relocation and Alteration

  1. Request by CUSTONER for the installed Service’s equipment to new location shall be treated as new connection, as far as technically feasible. All cost arises as a result of the relocation shall be at CUSTOMER liability.
  2. Upon written request from CUSTOMER, IM2 could alter package towards the Service, as far as technically feasible.
  3. CUSTOMER relocation to the new location shall bring ONT device and other devices to be installed in the new location.
  4. Package  alteration  as mentioned  in  paragraph  2 (two)  of this Article should  cause  the  change  of  monthly  fee  and  CUSTOMER should pay the alteration cost according to the prevailing regulation.

 

Article 11

Mobility and Transfer Right

  1. IM2 may comply to CUSTOMER’s written request to transfer Service Contract to any third party, in condition that there are no technical changes, and the transfer is made to an eligible third party in accordance with existing regulations. All charges that arise by will be at CUSTOMER responsibility.
  2. Alteration of rights as mentioned on paragraph (1) of this Article should be implemented into written agreement which signed by CUSTOMER and third party on duty stamped paper.

 

Article 12

Costs and Payments

  1. Payment should be made by CUSTOMER to the appointed Bank that is stated on  invoice.
  2. Amount of payment are made by CUSTOMER must be equal with the whole amount stated on invoice. 
  3. Payment should be made by CUSTOMER at the latest on the due date stated on  invoice.
  4. All taxes which may occurs as result of this Service should be borne to the Parties according to the Indonesian Tax Regulation.
  5. If CUSTOMER decided to cancel subscription before invoice is issued, CUSTOMER is not charged. When technically already active then CUSTOMER must pay the bill.

 

Article 13

Force Majeure

  1. Force Majeure means any event or condition out of the power of both parties to avoid such situation that might cause each cancellation or delay to perform their obligation in respect of this Contract. The events are including but not limited to earthquake, typhoon, fire, explosion, flood, sabotage, riots and malicious, government regulation and/or prohibition.
  2. In the events of Force Majeure, the party shall notify the other party within 7 (seven) days since the date of Force Majeure take place.
  3. All loss and expenses suffered by the party as a result of Force Majeure shall not be the responsibility of the other Party.

 

Article 14

Settlement of Dispute

  1. Should there be any dispute related to this Contract, the Parties agree to settle the dispute through amicable discussion.
  2. In the event the dispute cannot be resolved through amicable discussion, the Indonesia National Arbitration Board (BANI) shall be requested to resolve the dispute by its arbiters according to the procedural rules of BANI on the first and final degree.
  3. The Contract shall continue in effect and the Parties must continue to fulfill their respective rights and obligations until the dispute of mentioned in paragraph (2) of this Article has been settled, whether amicably or based on a BANI award with absolute legal effect.

 

Article 15

Miscellaneous

  1. This Contract was under on Indonesian Government Law.
  2. Any other matter which has not been stipulated in this Contract will be regulated or stipulated letter in writing with due observance to the internal provisions and regulations of IM2 and the prevailing laws in Indonesia.
  3. Should there is deference between data provided by IM2 and data provided by the CUSTOMER, the data kept by IM2 will govern.
  4. This Contract includes SF, UAD, MF, and other documents, which are related to the provision of Service, all of which constitute an integral and separable part of each other. If there is any inconsistency between the provision in this Contract and provision in the UADand other documents, the provisions of this Contract shall prevail.
  5. All parties are subject to the laws and regulations in Republic of Indonesia any consequences arising due to offense or breach the Contract, the party who commits the offense will be liable to the other party full well consequences will either in administration or in legal consequences.

 

Article 16

Disclaimer

  1. IM2 will not be liable for any loss or damage of CUSTOMER and or any third party as a result of Service usage.
  2. The Service use the principle of sharing network resources, so the performance of the speed and availability of connectivity are determined by the traffic and the capabilities of the devices. Thus IM2 does not implicitly or explicitly provide any guarantee related to the speed of bandwidth that CUSTOMER actually enjoys.
  3. Multimedia Services are created/provided by media institution that are IM2 partners and IM2 is not responsible for the content or materials of Multimedia Services

 

Article 17

Closing

  1. Subscription Form, Modification Form, and Attachment shall be considered as united to and inseparable part of the Contract and holds equal legal enforcement.
  2. Contract is provided in 2 (two) original copies; each copies contain the same contents and wordings, holds equal legal enforcement after it is signed by both parties.
  3. In case of discrepancy between the English text and the Indonesian text herein, the Indonesian text shall prevail.
  4. For the updated terms and condition time to time, CUSTOMER should periodically check IM2 website (www.gig.id).

Artikel Lainnya

30 August 2019

Berbagai Paket Jenis WiFi Rumah dari Gig by Indosat Ooredoo

Lanjut Baca
30 August 2019

Berapa Range Harga Pasang Wi-Fi Indosat di Rumah?

Lanjut Baca
21 February 2020

Ini Daftar Pemenang Program Undian GIG Super Bill

Lanjut Baca
 Whatsapp