Ini 5 Jenis Koneksi Internet Dalam Sejarah Teknologi

Siapa yang membutuhkan jenis koneksi internet yang cepat? Setiap orang pasti butuh koneksi internet yang bisa diandalkan sekaligus stabil. Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini. Aktivitas pekerjaan hingga pendidikan yang dijalankan di rumah membuat kamu butuh koneksi internet terbaik. 

Jenis Koneksi Internet

Sebenarnya di dalam teknologi internet sendiri, ada beberapa jenis koneksi internet yang tersedia. Tentu saja masing-masing memiliki keunggulan serta spesifikasi tersendiri. Jenis peruntukannya pun juga berbeda-beda. Jadi, apa saja jenis koneksi internet yang pernah ada di dalam sejarah internet untuk teknologi dunia?

1. Dial-Up

Jika kamu tumbuh besar di era awal internet masuk ke Indonesia, maka koneksi dial-up bukan suatu teknologi yang asing. Dial-up mengandalkan jaringan telepon rumah berbentuk kabel. Pada masanya, kamu bisa melepas kabel jaringan yang terpasang di pesawat telepon lalu menyambungkannya ke komputer di rumah. 

Dial-up ini akan bekerja melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) hingga bisa terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Bisa dibilang dial-up ini sangat membekas di dalam sejarah teknologi internet Indonesia. Walaupun dari kecepatan yang ditawarkan tidak tinggi, tapi sudah cukup untuk menjelajah dunia maya pada masanya.

2. ADSL

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi modem yang bekerja dalam frekuensi 34 kHz hingga 1104 kHz. Dengan ADSL, maka kamu bisa mengirimkan suara hingga fax ke pengguna lainnya. Dengan harga berlangganan lebih ekonomis, kecepatan pengiriman data tetap terpengaruh dari jarak komputer kamu dengan gardu telepon.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet Untuk Pelajar

3. LAN

LAN termasuk koneksi internet yang banyak dikenal saat ini. Sistem kerjanya adalah menggunakan satu komputer sebagai server yang terhubung dengan internet dengan kabel telepon. Lalu komputer lainnya baru bisa terhubung internet. Merupakan akronim dari Local Area Network, jaringan koneksi internet ini hanya mencakup wilayah yang sangat kecil.

4. TV Kabel

TV kabel pada saat ini juga telah menggunakan koneksi internet. Jaringan TV kabel mampu mencapai kecepatan hingga 27 Mbps. Selain lebih cepat, kelebihan lain dari TV kabel adalah biaya iuran tetap setiap bulan, tidak ada jam sibuk, hingga layanan tanpa batas. Namun ada kekurangannya juga. Selain dari sisi harga lebih tinggi, tidak semua wilayah telah mendapatkan jaringan ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui IP Address Wifi Router?

5. WiFi

Dari semua jenis koneksi internet yang ada saat ini, WiFi memiliki nilai spesial di mata masyarakat. Teknologi wireless ini bisa membuat kamu membuka dunia maya di berbagai macam tempat tanpa harus pusing memikirkan kabel telepon. 

Mau menggunakan laptop atau smartphone, semuanya telah mampu tersambung dengan WiFi. Namun yang paling penting adalah perangkat kamu masih bisa terjangkau dengan sinyal WiFi ini. Kecepatan aksesnya pun termasuk tinggi walaupun menggunakan sistem wireless.

Saat ini bisa dibilang WiFi paling relevan untuk digunakan ketika kamu sedang di rumah. Tapi provider internet apa yang cocok untuk kamu pilih? Dengan banyaknya jaringan internet pada saat ini, kamu jangan sampai salah pilih. Tentu saja jawaban paling tepat adalah GIG by Indosat Ooredoo.

Berkomitmen untuk menghadirkan teknologi jaringan internet terdepan yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, GIG by Indosat Ooredoo hadir sebagai solusi terbaik. Terdapat pilihan paket internet beserta barisan promo yang bisa kamu dapatkan. Jadi, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih provider internet. Pilih GIG by Indosat Ooredoo sekarang juga untuk merasakan jaringan internet #SecepatKilat setiap hari!

Artikel Lainnya

31 July 2019

Panduan Lengkap Cara Setting Wifi di Laptop Windows 10

Lanjut Baca
30 August 2019

5 Cara Mengatasi Wi-Fi Tanda Silang pada Laptop

Lanjut Baca
02 April 2019

4 Cara Mengatasi Wifi Limited Pada Komputer Dengan Mudah

Lanjut Baca
 Whatsapp